Posted in Mikropreneur

Mencoba Fokus

Penyebab

Dalam perjalanan menuju fokus pada tujuan , gangguan yang mungkin muncul antara lain :

1. Terjebak yang bukan fokus, misalnya memikirkan urusan politik negara yang memang kuat mencuri perhatian. Sekuat cerita Mahabarata yang dihembuskan oleh ketua partai, dan sekuat kisah korupsi yang dibalut poligami & libido-sex.  Padalah kisah-kisah itu semua sebenarnya bukan fokus kita. Tapi karena  kita ada sedikit peduli sebagai bagian bangsa ini (cieeeee..!!) …   bikin mata kita melirik ke kasus politik (kecuali Anda memang fokus jadi pengamat politik). Semoga tidak berlama-lama terjebak di sana, kembalilah fokus dan jangan lupa … hasil ngeliriknya tadi diambil pelajaran. Pastilah pelajaran  itu bekal yang disediakan Tuhan untuk kita.

2.  Suara-suara dari lingkungan sekitar, dari rumah sebelah , dari  kantor sebelah, dari ruang sebelah yang mencapai gendang telinga kita.  Suara-suara itu kadang mengganggu jika diteriakkan dengan nafsu peneriaknya. Tapi suara dari lingkungan , baik atau buruk adalah bagian dari perjalanan, yang membuat lampu kuning menyala — hati-hati — lalu bisa beralih ke lampu hijau (jalan terus) atau ke lampu merah (stop dulu). Take attention for a moment (perhatikan sejenak).

Suster Apung
Suster Apung

Kisah Suster Apung

Foto di atas adalah foto Hj. Rabiah yang dikenal sebagai Suster Apung.  Guru fokus saya yang paling menantang adalah Hj. Rabiah.

Kisah Suster Apung dalam foto di atas adalah kisah yang diangkat dalam lomba film dokumenter Eagle Award yang diadakah Metro-TV. Sosok Hj. Rabiah adalah guru luar biasa bagi saya. Film ini menjadi pemenang Eagle Award tahun 2006. Anda para pembaca bisa belajar fokus dari mana saja. Jika Anda tertarik kisah suster apung , link ini (Suster Apung) bisa dibaca.

Trik

Trik untuk tetap fokus :

1. Trik pertama adalah tahu tujuan/keinginan kita. Untuk fokus kita seharusnya sudah tahu keinginan kita, tujuan kita. Kalau kita tidak tahu tujuan kita/keinginan kita, ya ….  akan mampir ke mana-mana jiwa-raga kita. Mampir sekedar mampir tanpa mengambil pelajaran. Suka asal suka, senang asal senang…. tanpa sadar apa manfaatnya mampir ke tempat-tempat tertentu, melihat-lihat hal-hal tertentu tanpa kesadaran penuh. Jadi apa proyek Anda saat ini? Apakah Anda sadar tujuan jangka pendek, jangka panjang Anda?

2. Trik kedua adalah berdoa. Kalau ingin fokus , doanya adalah mohon pada Tuhan agar dikuatkan untuk tetap fokus pada tujuan yang Anda inginkan. Berdoalah, sering-seringlah mengingat Tuhan, melibatkan Tuhan dalam setiap hembusan nafas.

3. Trik ketiga adalah menyerap petunjuk. Bagi saya, setelah kita berdoa, jawaban akan segera Tuhan berikan untuk menuntun langkah kita selanjutnya. Anda ingin seperti itu? Bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, maka jawaban/petunjuk Tuhan akan bisa Anda serap sebanyak mungkin. Karena sesungguhnya jawaban Tuhan itu telah ada, hanya kemampuan kita untuk menyerapnya yang terbatas. Agar jawaban petunjuk dari Tuhan bisa kita cerna, berdoalah bersungguh-sungguh.

4. Trik ke-empat adalah sabar.  Tak mampu menangkap jawaban/petunjuk dari Tuhan? Langkah berikutnya adalah bersabarlah. Karena ketidak mampuan membaca petunjuk Tuhan disebabkan oleh banyak hal. Bersabar dan tetap setia pada tujuan adalah jalan terbaik. Bersabar akan membuat gumpalan awan menipis,…. ibarat pesawat akan mendarat, landasan pesawat akan terlihat dan manuver selanjutnya untuk pendaratan bisa dilakukan.

Pembaca yang budiman. Kali ini hanya sampai di sini yang bisa saya bagikan. Semoga ada manfaatnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s