Posted in Facebook, Mikropreneur

Facebooker (1)

Hey… apa kabar pembaca budiman? Hari ini sudah lima tahun berjalan sejak pertama kali saya  mengakses facebook di tahun 2008. Saya sejak beberapa tahun lalu mulai menduga-duga, suatu saat akan ada cabang ilmu “facebook psycology” atau “social media psycology”. Saat ini telah ada psikologi sosial, yang  didasarkan dari perilaku sosial di dunia nyata.  Sepertinya ilmu dari psikologi sosial akan dikembangkan ke psikologi media sosial.

Image

Facebook pada dasarnya adalah tentang menulis.  Siapa gemar menulis dia akan getol nulis status. Facebook pada dasarnya adalah pede bercerita, jadi orang yang senang bercerita tentang apa pun, mereka juga akan heboh menulis di facebook. Facebook banyak memaparkan  tulisan motivasi, jadi yang tidak gemar nulis tapi gemar baca akan banyak termotivasi. Facebook juga dominan tentang unjuk karya, sehingga pengunggah hasil karya akan saling bersaing dan menginspirasi satu sama lain. Itu semua baru sebagian kecil psikologi facebook yang memberi dampak bagi penggunanya. Pengguna yang dimaksud adalah mereka yang hanya membaca-baca saja, para penulis status dan para pengunggah hasil karya kreativitasnya.

Oya, di tivi swasta ada acara yang dinamakan facebooker ya? Entah apa  isinya, saya hampir tidak pernah menontonnya. Jadi tulisan ini mungkin agak jauh dari cerita acara tersebut dan tulisan ini memang bukan membahas acara itu.

Ah iya teman, ….. sayang dampak negatifnya juga nggak sedikit yah! Sebagaimana televisi, atau media lainnya, mereka juga punya dampak negatif. Rambu-rambu menggunakan media sosial sudah banyak kok diunggah di internet. Sebagai pribadi, masing-masing pengguna akhirnya harus memilah sendiri mana yang baik dan mana tidak baik untuk diunggah. Cuman mesti diingat keanekaragaman karakter lho ya … baik buat kita belum tentu baik buat orang lain. Hindari perdebatan jika beda pendapat, tak ada gunanya berdebat di media sosial.

Hari sudah malam teman, tulisan ini masih akan berkembang. Tapi mata sudah sangat lelah hari ini. Esok semoga ada waktu untuk melanjutkannya. Semoga ada manfaat bagi pembaca sekalian. Selamat malam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s