Posted in Mikropreneur

Traveler

shine
shine

Banyak sekali nasehat yang mengatakan “tetaplah setia pada tujuan” (quote 1), yang artinya kita mesti melihat jelas tujuan kita mau ke mana. Tanpa itu perjalanan hidup kita hanya berputar-putar di satu tempat saja. Dalam perjalanan menuju apa yang kita inginkan, kadang kita terlalu bernafsu sehingga imbasnya menjadi menekan lingkungan sekitar. Sehingga, sebuah nasehat lain perlu diperhatikan :

“A good traveler has no fixed plans, and is not intent on arriving”. (quote 2)
Nasehat ini untuk membersihkan nafsu. Seorang pencari/musafir yang baik tidak punya rencana baku dan tidak ingin untuk sampai. Seolah-olah bertolak belakang dengan quote pertama bukan? Sebenarnya tidak bertentangan. Quote 1 mendorong kita agar jelas dengan tujuan mulia kita,  jelas melihat keinginan kita. Kejelasan ini akan mendorong kita tetap maju , dalam hambatan dan tekanan lingkungan selama bertahun-tahun. Kadang kala perjalanan itu menjadi bernafsu, sehingga quote 2 adalah pengikis nafsu kita. Mengingatkan kita seperti dalam film-film Hollywood mengatakan “Don’t try too hard!!”

Kita semua adalah seorang pencari (“Seeker”). Mencari siapa kita sebenarnya dan untuk apa kita hadir di dunia ini.  Terlalu sering kita merasa meledak-ledak dengan hal sedikit yang kita fahami. Sehingga terlalu mudah pula kita tersungkur dan jatuh. Terlalu mudah kita mentertawakan orang lain atas pengetahuan yang kita miliki, sehingga kita hanya memupuk nafsu saja sepanjang masa, tanpa kemajuan. Meski kita faham tujuan kita untuk menjadi orang yang bisa bermanfaat bagi orang banyak, namun sehari-hari kita tak henti-hentinya hanya mengkritik orang lain saja. Melihat sisi negatif orang lain dengan sangat intensif tapi sangat jarang melihat sisi negatif diri sendiri. Berdebat, mendebat dan memojokkan orang lain dan menganggap pendapat kitalah yang benar dengan alasan bla bla bla atas pengetahuan bla bla bla….

Please. Stop. Cukupkanlah perilaku itu. Mulailah berkaca. Betapa banyak kesalahan diri sendiri. Bagaimana kita mau menghakimi orang lain salah , padahal hanya Tuhan yang Maha Adil, yang  memiliki penilaian benar/salah yang mutlak.

Beberapa traveler berada di lingkungan gelap dan bau. Bagai tercebur dalam got berair hitam, busuk dan tidak tertembus cahaya matahari. Kondisi mereka tentulah sangat berat. Pernahkan Anda menemui orang-orang semacam itu? Merekalah orang-orang kuat yang tidak nampak dalam panggung hingar bingar dunia. Mereka menyimpan kekuatan. Jika Anda ingin tertular kekuatan mereka, bantulah mereka saat terpuruk dalam got gelap berair hitam berbau busuk. Setialah mendampingi.

Beberapa traveler berada di lingkungan bermartabat , sejahtera dan terdidik. Mereka juga orang-orang yang menyimpan kekuatan dengan kesantunan mereka. Jika kebetulan kita dipertemukan dengan orang-orang dari kalangan tersebut, diamlah, dan tersenyumlah atas ilmu yang hendak Tuhan berikan jika Anda tenang dan ikhlas.

A good traveler , musafir yang baik , adalah kita semua … semoga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s