Posted in Mikropreneur

Facebooker (2)

Network/jaringan betul-betul bisa dibangun di facebook. Namun tentu saja harus intensif masuk ke jejaring ini. Beberapa orang yang saya kenal , mereka tidak menggunakan facebook untuk membangun network dalam pekerjaan mereka. Hasilnya? Hehehe … sama kok. Network yang mereka gunakan adalah face to face, bukan facebook. Mereka malah nggak sempat facebook-an.  Ini kembali ke karakter, dan style kerja.  Jangan salah para facebooker, mereka membangun kualitas jaringan yang sama kokohnya dengan membangun jaringan di dunia maya.

8a1fbf655d42f9f49c6e28841e72a2b3 269031bb5d7ce38c8ab006d9e617dea2

Hmm… benar juga kalau dikatakan, style kita sekarang ini tiba-tiba semua orang dikatakan punya corong untuk menyuarakan isi kepalanya. Pun dikatakan tiba-tiba semua orang bisa mengontak siapa saja. Ada pula yang mengatakan kita ini dikeliling smartphone dan stupid people. Ups! Gimana tuh kalimat terakhir rasanya saat dibaca? Itu pendapat orang yang tertulis di dalam jejaring facebook. Terasa enak atau tidak enak, ah sudahlah… semua orang boleh berpendapat. Toh facebook hanya salah satu sumber bacaan saja. Kalau sudah mulai tidak nyaman, tinggalkanlah facebook segera. Bernyanyilah, bergeraklah.

Kadang tulisan-tulisan di timeline lumayan mengejutkan ya? Apalagi menjumpai teman di dunia maya setelah kita tidak ketemu teman tersebut lebih dari 10 (sepuluh) tahun. Wow… hati-hati… banyak peristiwa yang tidak Anda alami bersama teman tersebut. Perubahan perilaku yang kita temui sepuluh tahun setelah berpisah bisa drastis. Banyaklah menahan diri. Jika terlanjur salah kata (salah tulis maksudnya), segeralah minta maaf. Perbaikilah kembali hubungan yang agak berantakan. Percayalah, jika teman Anda juga masih berbaik hati, mereka juga akan menunjukkan itikad baik untuk mulai menjalin komunikasi kembali. Jika pun tidak , Anda yang harus konsisten menunjukkan penyesalan Anda karena telah salah kata (salah tulis). Berbulan-bulan Anda harus konsisten dan penuh rendah hati menunjukkan simpati Anda. Makan waktu memang, ya… Anda harus membayar kesalahan Anda , bukan?

Hater. Pembenci. Adalah tantangan lain yang muncul di facebook. Harap diingat prinsip tentang hater (pembenci). Seorang hater sebenarnya tidak sedang membenci Anda, mereka membenci diri mereka sendiri. Nasehat ini untuk mengurangi rasa stress Anda terhadap para pembenci yang sedang menyerang Anda.  Apalagi kalau sudah mulai membuat sebuah penilaian yang memojokkan. Apa boleh buat, macam komunikasi semacam itu pasti terjadi. Seperti gambar di atas : penggaris mengatakan “you rock” , dibalas oleh batu dengan  mengatakan “you rule”… kamu keren (rock) …. dan kamu kaku bagai peraturan (rule). Aduh… sudahlah… terima sajalah. Tak ada untungnya berdebat panjang lebar di facebook. Senyum sajalah ,… berilah icon 🙂  jadilah icon senyum. Asik kan? Agar suatu saat giliran kita yang tengah meledak-ledak, teman baik Anda juga akan mengingatkan Anda dengan kode-kode tertentu.

Setahun, dua tahun, network terus di bangun, kesalahan terus diperbaiki, teman baru tetap Anda cari. Belajar lagi dari teman baru Anda yang membawa kalimat-kalimat uniknya, yang kadang memberi ide untuk bercanda lagi dengan teman lama dan memperbaiki hubungan yang hampir mengering. Jika ada teman yang  terus menerus membuat Anda tidak nyaman  , maka memutus hubungan pertemanan juga baik jika mereka tidak menunjukkan itikad baik.

Ah, facebooker…. . sampai bertemu lagi lain waktu.

Salam, semoga ada manfaatnya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s