Posted in Mikropreneur

Penolakan

no

Menejer tidak melulu mendapatkan penerimaan tulus dari komunitasnya. Menejer yang terbiasa diterima, terbiasa menang dan terbiasa dituruti kemauannya, ia akan tumbuh menjadi menejemen yang mudah rapuh. Satu saat jika menejer tersebut digalaki anak buahnya, seketika ia menjadi down. Jatuh berkeping-keping. Linglung dan marah. Tapi sesungguhnya penolakan yang ia terima itu  baik. Sisi baiknya adalah : jika ia mau belajar, maka ia akan lebih manusiawi. Menejer yang lebih manusiawi akan mendapat penerimaan tulus lebih banyak lagi dari konstituennya/komunitasnya. Menejer itu juga menjadi lebih menghargai bawahannya dan tidak gegabah memberi perintah dengan main gertak.

Sebenarnya dalam menejemen, menejer dan bawahan saling butuh. Menejer berhak memerintah, namun jika perintahnya menggunakan bahasa buruk, maka cepat atau lambat keseimbangan alam akan meluruskannya. Alam ini sudah berjalan sesuai kehendakNYA. Terlalu banyak rahasia alam yang tidak kita ketahui. Sehingga bagaimana mungkin kita menjadi over confidence dengan sikap kepemimpinan kita?

Image

Kuat dan tegas itu baik. Vokal dan lantang itu juga baik. Tapi bukan berarti yang tampak lemah dan lembek itu tidak baik. Lalu yang diam dan pemalu lantas ditindas. Jika tidak percaya cobalah gertak orang-orang pendiam. Mereka jarang merespon secara frontal atau langsung. Kadang mereka menyusun strategi untuk membuat pembalasan yang manis , tanpa menyakiti namun telak membuat lawannya terhenyak. Hmm… yang semula mengira sudah mengalahkan , diam-diam merasa kalah. Semula ia mengira bahwa menang adalah segalanya. Setelah itu diam-diam ia merasa kedamaian semua pihak adalah segalanya. Kuat bukan dipakai untuk menggilas yang lemah. Kuat itu digunakan untuk menahan diri dan nafsunya. Bagaimana menurut Anda?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s