Posted in Mikropreneur

Wort It

watchaaaa

Worth it?

Layak, pantas,  dan sudah sewajarnya.

Banyak sekali keinginan kita. Mimpi pun tak kalah banyak. Katanya teman, Tuhan senang pada yang fokus. Jadi kita boleh banyak mimpi dan keinginan. Asal semua bisa atau sanggup kita kerjakan ya mengapa tidak. Sering terjebak pada perasaan putus asa ya wajar. Asal tetap mengerjakan step-step kecil pekerjaan setiap harinya. Saya mengalami banyak kejadian kecil yang dinamakan worth it tadi.  Begini ceritanya : telah lama saya mencoba membuat id di hp blackberry. Tapi beberapa tahun mencoba membuat id tidak pernah berhasil. Namun saya tetap mencobanya, demi mendapatkan download linkedin.com di ponsel saya. Akun lindkedin sudah saya buat kurang lebih setahun lalu. Saya meminta pertemanan  melalui jalur teman SMA, teman kuliah dan beberapa kenalan, tanpa melihat ada tidaknya hubungan dengan bidang minat saya. Akun itu saya hidupkan beberapa bulan. Suatu hari saya mendapatkan pengakuan (endorsed)  di situs linkedin dari teman , namun saya tidak merasa mampu di bidang yang mendapatkan pengakuan tersebut. Berikutnya, kembali saya mendapat pengakuan pada bidang yang hanya saya kuasai sedikit saja. Saya mulai merasa aneh. Beberapa bulan dengan perasaan aneh itu akhirnya saya memutuskan menghapus akun saya. Beberapa bulan kemudian kembali saya membuat akun baru, setelah saya merapikan fokus keinginan saya. Membuat profil yang lengkap dan cukup detil. Saya berniat mencari penerbit untuk buku tutorial saya. Karena itu saya merasa perlu membuat akun yang fokus. Saya sengaja tidak meminta pertemanan. Namun kalau ada orang meminta pertemanan akan saya terima. Saya masih merasa malu minta pertemanan yang tidak sesuai dengan minat saya. Saya memutuskan untuk mengikuti (follow) perusahaan yang berhubungan dengan penerbitan buku tutorial PowerPoint saya.  Saya berkeyakinan jika memang wort it, akan ada jalan lanjutannya. Setelah itu baru saya coba lagi download linkedin di ponsel saya. Tahap pertama adalah membuat id blackberry yang telah lusinan kali gagal saya buat. Saat itu ternyata : bisa! Worth it. Ini seperti tanda izin dari Tuhan, bahwa apa yang saya lakukan dengan akun linkedin saya sudah on track. Maka saya layak memperolah id di blackberry saya. Tahap kecil yang sangat-sangat melegakan. Merasakan bahwa yang kita lakukan mendapat izin Tuhan. Aduh… siapa yang bisa mengalahkan izin Tuhan? Tidak ada! Sama seperti izin Tuhan atas menangnya Garuda Jaya U-19 di piala  AFF September 2013 lalu.

PowerPoint si Kanzu
PowerPoint si Kanzu

Ini adalah profil  PowerPoint milik si Kanzu (ananda), yang masih dalam harapan untuk diterbitkan. Apakah layak atau tidak? Saya jadi semangat mencoba terobosan-terobosan lagi. Seiring doa, cepat atau lambat jawaban Tuhan akan bisa kita pahami, bisa ya bisa tidak. Apakah itu layak atau tidak. Bagaimana dengan Anda?

Leave a Reply

