Posted in Diary, Opini

31 Desember 2013 Yang Lalu

Komunitas Kecilku
Komunitas Kecilku

Nama kegiatannya  “gathering“.  Acara ‘gathering’  bukan hal yang asing di telinga kita. Berisi kegiatan makan bersama, bernyanyi, berdoa, unjuk kebolehan lainnya, dan berfoto yang  dilakukan bersama. Serba bersama dalam satu ruangan, makanya dinamakan “gathering“.

Dinamika Kelompok

Kurang lebih lima puluhan orang berkumpul dalam satu ruangan itu. Kelompok kecil ini mulai menghangat saat dilantunkan musik lagu-lagu pengiring karaoke sebelum acara resmi dimulai. Adrenalin mulai naik akibat suara musik yang kita senangi. Musik hadir untuk merekatkan beragam manusia aneka latar belakang dalam satu ruangan. Beberapa orang yang berada dekat dengan aura perangkat karaoke, mulai melirik. Mereka mencoba mencari kesempatan untuk ambil bagian menyanyikan sebuah lagu favorit masing-masing.  Satu lagu yang dinyanyikan dengan cukup baik mengundang peminat lain yang berada agak jauh dari perangkat karaoke. Dua orang tergopoh-gopoh menuruni tangga dari lantai dua untuk melihat siapa yang menyanyikan lagu yang menggelitik hati mereka. Maka mereka pun mulai ikut bergabung. Sementara beberapa orang yang kelaparan pun menuruni tangga untuk makan malam di basement. Seperangkat bakso dan lontong dihadirkan di sana. Komunitas bergerak ke atas dan ke bawah menurut dorongan hati masing-masing.

Malam menjelang tanggal 1 Januari , bagi perbankan cukup menjadi penting. Pergantian tahun bukan sekedar blow-up kegembiraan dan dugem semata. Sebuah pekerjaan penyimpulan prestasi berada di titik tersebut. Bukan hanya perbankan saya kira. Tapi semua perusahaan besar maupun kecil-menengah. Sesuai dengan denyut ekonomi nasional yang dilihat di titik akhir tahun, maka perusahaan-perusahaan dalam negri pun menyelaraskan langkah mereka.

Dugem

Dugem
Dugem

Dugem ini dilakukan sekitar tiga jam. Berbagai unjuk kebolehan digelar atas kesepakatan bersama. Selebrasi atas kelelahan bekerja dalam kebersamaan dan leburnya rasa bersama dalam satu ruangan akan membuat keterikatan satu sama lain lebih kuat. Membangun kebersamaan dalam komunitas bisa makan waktu lama atau sebentar. Berapa pun lamanya kebersamaan yang tulus itu bisa terbentuk, selebrasi sebagai bentuk syukur itu relatif perlu. Dalam kebersamaan satu ruangan, bahasa kebersamaan bisa makin kuat. Luka dan kekecewaan yang dialami satu-dua pihak bisa diselesaikan dengan contoh kebersamaan yang baik.

Satu bentuk model kebersamaan yang dipaparkan di sini misalnya, pemimpin berada di tengah komunitas. Beliau memilih lagu dan semua menyanyikan lagu  tersebut sambil berdiri mengelilingi beliau. Masing-masing boleh bergaya bebas dan ekspresi yang bebas pula.  Setengah jam bernyanyi dengan model seperti ini, cukup efektif menambah kekuatan kebersamaan. Bagaimana tidak, dengan gaya masing-masing yang dibolehkan hadir bebas di sekeliling pemimpin tersebut menandakan penghargaan kemampuan masing-masing orang. Nilai lembut yang tak terasa telah tertanam dalam model seperti di atas.

Goyang Oplos
Goyang Oplos

Menyadap gaya goyang Oplos yang sedang tenar di media televisi bisa juga diterapkan jadi media perekat kebersamaan dalam komunitas 50-100 orang dalam satu ruangan. Kemunculan momen-momen lucu yang tak sengaja muncul akan menambah hangat dalam kebersamaan yang beraura positif. Misalnya di sini, seorang anak laki gemuk yang berjoget Oplos sangat lucu dan membuat semua komunitas tertawa senang.  Kebetulan sang anak berkaus coklat tersebut hanya mau berjoget jika ditemani ayah serta kakaknya. Manis sekali bukan momennya !

Selamat memasuki tahun fiskal yang baru ….  semoga kebersamaan di tempat Anda makin baik dari waktu ke waktu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s