Posted in Diary, Mikropreneur

Moyo Hilir

Kuda Pacu Menuju Arena
K u d a     P a c u     M e n u j u     A r e n a

Kecamatan Moyo Hilir adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Sumbawa. Moyo Hilir adalah salah satu daerah pertanian yang sangat subur di Kabupaten Sumbawa. Air di saluran pengairan sawah meluber-luber, kian kemari, deras mengalir. Untuk ukuran Sumbawa , air pengairan sawah yang melimpah ruah adalah hal yang amat jarang terlihat. Hanya di daerah-daerah tertentu saja bisa ditemui pengairan yang limpah ruah.

Selain pertanian, tempat pacuan kuda juga banyak terdapat di seantero Sumbawa. Pada suatu pagi, saya menemani suami pergi ke dua tempat, yaitu Kecamatan Moyo Hilir dan Kecamatan Lunyuk (posting yang akan datang). Memasuki pusat desa Pungkit , berjalan pelan di hadapan kami sebuah pickup terbuka mengangkut beberapa kuda pacu. Sepertinya kuda-kuda itu sudah diberi perhiasan di tubuhnya siap menuju lokasi pacuan kuda tradisional. Hadiah pacuan biasanya lumayan bikin peserta antusias dan membludak, yaitu sepeda motor, kulkas dan alat kebutuhan rumah tangga penting lainnya. Bagaimana persaingan tidak keras antar peserta jika melihat hadiah seperti itu?

Peternakan Mentog di Moyo Hilir
P e t e r n a k a n     M e n t o g     d i      M o y o    H i l i r

Sepanjang jalan utama pedesaan terdapat rumah penduduk yang rapat. Namun di belakang rapatnya rumah itu terdapatlah hamparan pertanian yang masih sangat luas sejauh mata memandang hingga kaki bukit terdekat. Kami singgah di salah satu rumah penduduk untuk satu keperluan. Ternyata pemilik rumah itu memelihara mentog di dekat sawahnya. Kebetulan sawahnya sedang merunduk bulir padinya siap dipanen. Sungguh pemandangan yang memukau menyambut kedatangan kami.

Mentog putih nan gemuk
Mentog putih nan gemuk

Mentog-mentog putih mulus yang gemuk itu sedang berjemur di antara pematang yang rumpun padi, Sungguh momen bagus yang harus diabadikan kamera. Syukurlah saya mendapatkan momen pemandangan bagus ini. Maka saya pun mendekati kolam tempat mereka berkumpul.

Beranjak bergerak ke kolam yang lebih luas
Beranjak bergerak ke kolam yang lebih luas

Tiba-tiba sekawanan mentog itu bergerak menuju kolam yang lebih luas. Saya sedang berdiri menghadap kolam tersebut dan mengamati apa yang sedang mereka lakukan.

Mulai membentuk formasi segitiga
M u l a i     m e m b e n t u k     f o r m a s i     s e g i t i g a

Ternyata satu ekor di antara mereka mengarah pada satu titik diikuti beberapa kawanan di belakangnya. Wow… ternyata mereka mulai membentuk formasi segitiga.

Pembentukan formasi segitiga selesai dilakukan
Pembentukan formasi segitiga selesai dilakukan

Formasi segitiga yang mereka bentuk ini dipimpin satu ekor mentog paling kanan seolah ia yang memberi kode untuk membentuk formasi segitiga tersebut. Mentog-mentog di belakangnya menghadap ke arah yang sama dengan sang pemimpin. Pemandangan luar biasa yang tidak terduga yang mereka suguhkan di hadapanku ketika berkunjung di peternakan tuan rumah mereka. Terimakasih para mentog yang cantik, GBU all ya…..

Membubarkan diri dari formasi
Membubarkan diri dari formasi
Adegan berakhir dan mereka beristirahat di tepi kolam
Adegan berakhir dan mereka beristirahat di tepi kolam

Mentog-mentog itu kemudian membubarkan diri dari formasi segitiga secara perlahan dan berangsur sebagian pergi ke tepi kolam untuk beristirahat di bawah rindang pohon kelapa.

Pagi itu tak sampai satu jam kami singgah di Moyo Hilir. Syukurlah urusan dengan tuan rumah bisa berakhir baik. Dapat hadiah bonus pemandangan segitiga mentog pula. Maha Besar Allah….Terimakasih mentog, terimakasih Moyo Hilir.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s